Cara Membuat Database MySQL, PostgreSQL

Supaya bisa diinstal, Drupal membutuhkan akses ke database. User database anda harus memiliki kewenangan (privileges) yang cukup untuk menjalankan Drupal. Informasi tambahan tentang kewenangan ini, dan instruksi untuk membuat database secara manual lewat baris perintah (command line) bisa dilihat dalam file INSTALL.mysql.xt (untuk MySQL) atau INSTALL.pgsql.txt (untuk PostgreSQL).
Untuk membuat database lewat phpMyAdmin atau panel berbasis web seperti cPanel, silakan merujuk pada panduan yang menyertainya atau tanyakan pada hosting anda.
Perhatikan dan ingat-ingat username, password, nama database dan nama host database yang anda buat. Informasi ini dibutuhkan saat instalasi dijalankan.

Membuat database dengan MySQL

Tahap ini hanya dibutuhkan jika anda belum membuat database. Pada contoh berikut, 'username' adalah nama user MySQL yang memiliki kewenangan CREATE dan GRANT. Gunakan nama user yang sesuai di server anda.
Pertama, anda perlu membuat database baru untuk situs Drupal anda, dalam contoh ini nama database-nya adalah 'databasename'.
mysqladmin -u username -p create databasename
MySQL akan menanyakan password database untuk 'username' dan membuat file awal database. Selanjutnya anda harus login dan mengatur hak akses database:
mysql -u username -p
Sekali lagi anda akan ditanyakan password. Setelah masuk dalam lingkungan baris perintah MySQL, masukkan perintah berikut:
GRANT SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, CREATE, DROP, INDEX, ALTER ON databasename.* TO 'username'@'localhost' IDENTIFIED BY 'password';
dimana:
  • 'databasename' adalah nama database anda
  • 'username@localhost' adalah username akun MySQL anda
  • 'password' adalah password atau sandi yang terkait dengan 'username' di atas
Catatan:
Kecuali jika user database anda memiliki kewenangan seperti yang disebut di atas, anda tidak akan bisa menjalankan Drupal.
Jika berhasil, MySQL akan bereaksi dengan menampilkan:
Query OK, 0 rows affected
Untuk mengaktifkan hak akses baru, ketik perintah berikut:
FLUSH PRIVILEGES;
dan database akan dibuat dengan UTF-8 (Unicode) encoding.

Membuat database dengan PostgreSQL

Database harus dibuat dengan UTF-8 (Unicode) encoding.
  1. Membuat user database.
    Tahapan ini hanya diperlukan jika anda belum membuat user dalam database PostgreSQL atau anda ingin membuat user baru khusus untuk instalasi Drupal anda. Perintah berikut akan membuat user baru bernama 'username' dan akan menanyakan password untuk user tersebut.
    createuser --pwprompt --encrypted --no-adduser --no-createdb username
    Jika berhasil, akan muncul:
    CREATE USER
  2. Membuat database untuk Drupal.
    Tahapan berikut hanya diperlukan jika anda belum membuat database atau anda ingin membuat database khusus untuk instalasi Drupal anda. Perintah berikut akan membuat database baru bernama 'databasename', yang dimiliki oleh 'username', user yang sebelumnya kita buat di atas.
    createdb --encoding=UNICODE --owner=username databasename
    Jika berhasil, akan muncul:
    CREATE DATABASE