Tidak Ada Satu Sistem Komputer Yang 100% Aman Di Dunia Ini Jika Masih Tersambung Dengan Jaringan Internet Atau LAN - Mr.Rious

Fungsi Menu-Menu Pada cPanel

Saturday, March 23, 2013
fungsi dari menu-menu pada cPanel yang biasa digunakan di hosting linux.

Pada pilihan ini terdapat beberapa menu, diantaranya yaitu Getting Started Wizard dan Video Tutorials, fungsi kedua menu tersebut yaitu sebagai halaman tutorial untuk penggunaan awal cPanel, seperti bagaimana cara mengelola cPanel.
 - Change Password
Fungsi menu ini yaitu untuk mengubah password account web hosting anda, untuk login ke cPanel dan FTP.

- Update Contact Info
Fungsi menu ini sebagai contact info yang disediakan oleh cPanel, yang akan digunakan oleh admin pihak hosting untuk mengontact anda melalui email.

- Change Style
Fungsi menu ini yaitu untuk mengganti tema default cPanel, dengan tema-tema lain yang lebih menarik.

- Change Language
Fungsi menu ini yaitu untuk mengganti bahasa yang anda inginkan.

- Shortcut
Fungsi menu ini yaitu untuk membuat shortcut atau bookmark pada browser anda, gara anda dengan mudah bisa mengakses cPanel.

Pada pilihan ini terdapat beberapa menu yang berhubungan dengan Email dari hosting yang anda gunakan.
 - Email Accounts
Fungsi menu ini yaitu untuk membuat beberapa email acoount, email account di sini tergantung dari pihak hosting yang menyediakan, apakah terbatas atau unlimited, biasanya email acoounts ini diterapkan pada perusahaan, group, atau sekumpulan komunitas yang memiliki banyak pengguna, sehingga masing-masing pengguna diberikan alamat email yang berbeda dengan domain yang sama.
Contoh:
Domain ferrytesting.com mempunyai beberapa email accounts, misal: admin@ferrytesting.com, coba@ferrytesting.com, dll

- Web Mail
Fungsi menu ini sebagai web based yang digunakan untuk mengelola email accounts, seperti membaca, menulis, mengirim email, dimana pada web mail ini disediakan beberapa tampilan web mail, seperti Horde, SquirrelMail, dan RoundCube.

- Spam Assasin
Fungsi menu ini yaitu untuk memfilter email spam yang masuk ke mailbox anda.

- Forwarders
Fungsi menu ini yaitu untuk memforward email yang masuk ke web mail anda ke layanan email lain, seperti Gmail, Yahoo Mail, sehingga anda tidak perlu membuka email account pada hosting anda lagi.

- Auto Responders
Fungsi menu ini yaitu untuk memberikan jawaban otomatis terhadap email yang masuk ke anda.

- Default Address
Fungsi menu ini yaitu untuk mengalihkan semua alamat email ke 1 alamat email.

- Account Level Filtering
Fungsi menu ini yaitu untuk memfilter alamat email yang tidak anda inginkan.

- User Level Filtering
Fungsi menu ini yaitu untuk menentukan email accounts mana yang akan anda terapkan Account Level Filtering

- Email Delivery Route
Fungsi menu ini untuk memeriksa alur email yang anda kirim ke alamat email lain, di sini anda bisa melihat alur pengiriman email ke alamat tertentu berdasarkan jalur SMTP.

- MX Entry
Fungsi menu ini yaitu MX untuk merubah arah kemana tujuan email dari domain anda akan dikirim/disimpan. Jadi apabila anda ingin merubah alokasi penyimpanan email anda, gunakanlah fasilitas ini.

Pada pilihan ini terdapat beberapa menu yang berhubungan dengan manajemen file, folder dan database pada server hosting.
 - Backups
Fungsi menu ini yaitu untuk melakukan backup Data pada hosting anda, File, database, email, dll.

- File Manager
Fungsi menu ini yaitu untuk mengelola file-file dan folder anda pada server hosting anda, seperti menggunakan aplikasi FTP client untuk mengakses public_html/www. Di sini anda dapat membuat, mengupload, download, menghapus, memindahkan, mengedit, dan mengubah nama (rename) file-file dan folder anda.

- Web Disk
Fungsi menu ini yaitu hampir sama dengan File Manager, hanya saja pada web disk ini anda dapat mengakses server hosting tidak melalui web ataupun aplikasi FTP client, anda cukup menggunakan script yang disediakan oleh cPanel itu sendiri berdasarkan masing-masing Sistem Operasi (Linux, Windows, Dll)

- Disk Space Usage
Fungsi menu ini yaitu untuk mengetahui berapa besar kapasitas disk yang telah anda gunakan.

- FTP Accounts
Fungsi menu ini yaitu untuk membuat beberapa FTP account.

Pada pilihan ini terdapat menu-menu yang digunakan untuk melihat log/catatan terakhir mengenai history domain anda.
 - Latest Visitor
Fungsi menu ini yaitu untuk mengetahui siapakah pengunjung terakhir yang mengunjungi domain anda.

- Bandwith
Fungsi menu ini yaitu untuk mengetahui berapa besar bandwith dalam kurun waktu perhari, perminggu, dan perbulan.

- Raw Access Log
Fungsi menu ini yaitu untuk mengetahui cache dari log pada domain anda, tentang pnegunjung perhari, perminggu, dan perbulannya. Semua statistik pengunjung disimpan di sini. Anda dapat menyimpannya dalam bentuk grafik dan dapat anda download untuk keperluan analisa.

- Error Log
Fungsi menu ini yaitu menampilkan 250 catatan error terakhir yang terjadi pada website anda. Rutinlah memeriksa catatan error ini sehingga anda dapat segera melakukan perbaikan apabila menjumpai pesan error.

Pada pilihan ini terdapat menu-menu yang digunakan untuk mengamankan domain website/blog, untuk mencegah dan mengantisipasi serangan dari luar.
 - IP Deny Manager
Fungsi menu ini yaitu melakukan pemblokiran terhadap alamat IP tertentu. Sehingga dapat melindungi website dari serangan luar yang merusak website/blog anda atau menghabiskan bandwith website anda.

- SSL/TLS Manager
Fungsi menu ini yaitu untuk meningkatkan keamanan dengan membuat SSL yang akan digunakan untuk website anda, seperti pada website-website Bank, yang membutuhkan sekuritas tinggi. Untuk menginstal SSL mintalah bimbingan administrator web hosting anda.

- Hot Link Protection
Fungsi menu ini yaitu untuk mencegah linking langsung ke file pada website Anda. Umumnya hotlink protection dimanfaatkan untuk melindungi file gambar/video pada website agar tidak digunakan oleh website-website lain.

- Leech Protect
Fungsi menu ini yaitu untuk memanage direktori yang telah diproteksi.
Contoh : Apabila anda memberikan username dan password cPanel kepada teman anda dan kemudian teman anda memberikan username dan password tersebut secara terbuka ke publik, dengan maksud jahat, untuk mengantisipasinya anda gunakan Leech Protection ini.
Dengan Leech Protect anda dapat menentukan berapa jumlah pengguna yang diizinkan untuk mengakses account anda dengan username dan password tersebut dalam waktu 1 jam. Anda juga dapat mengatur agar mendapatkan email peringatan setiap kali ada lebih dari 3 pengguna yang mencoba masuk menggunakan username dan password tersebut. Anda juga dapat mendirect user tersebut ke alamat lain apabila ada user yang ingin menagkses account anda.

Pada pilihan ini terdapat menu-menu yang digunakan untuk mengelola domain.
 - Sub Domains
Fungsi menu ini yaitu untuk membuat subdomain. Subdomain adalah cabang domain utama yang berdiri sendiri dan ditempatkan dalam sebuah sub direktori utama (public_html).
Contoh : Domain ferrytesting.com mempunyai subdomain dengan nama coba.ferrytesting.com

- Addon Domains
Fungsi menu ini yaitu sebagai domain yang diarahkan ke sub-direktori sebuah website.
Contoh : Anda mempunyai alamat website/blog ferrytesting.com, dan anda juga mempunyai domain dengan alamat cobacoba.com, dengan Addon Domains anda bisa mendirect domain cobacoba.com ke hosting ferrytesting.com tersebut

Addon domain digunakan kalau ingin menampilkan beberapa web dalam satu hosting. Dengan fitur ini anda hanya perlu membeli nama domain lagi dan ditambahkan ke hosting anda dan anda akan mempunyai 2 web yang aktif dengan isi yang berbeda.

- Parked Domain
Fungsi menu ini yaitu sebagai domain yang diparkirkan ke atas domain utama sehingga pada saat domain tersebut diakses akan menampilkan web domain utama.

- Redirects
Fungsi menu ini digunakan untuk membuat redirect sebuah URL menuju halaman tertentu. Contohnya Anda ingin mempersingkat URL sebuah halaman penting.

- Advance DNS Zone Editor
Fungsi menu ini yaitu digunakan untuk membuat domain sendiri dengan layanan hosting pada tempat lain, seperti Blogger.com.
Contoh : Sebelumnya anda mempunyai blog dengan domain coba.blogspot.com, kemudian anda membeli domain dengan nama cobacoba.com, dengan fitur ini anda dapat merubah domain .blogspot tersebut menjadi .com.

Pada pilihan ini terdapat menu-menu yang dapat digunakan untuk mengelola database.
- MySQL Databases
Fungsi menu ini yaitu untuk membuat, memodifikasi, maupun menghapus database.

- PHP My Admin
Fungsi menu ini yaitu untuk mengelola databaseMySQL berbasiskan halaman web.

- Remote MySQL
Fungsi menu ini yaitu untuk menambahkan hak akses bagi web server lain, untuk mengakses database MySQL pada web hosting Anda.

- PostgreSQL Database Wizard
Fungsi menu ini yaitu hampir sama dengan PHPMyAdmin yaitu untuk membuat database.

- PHPPgAdmin
Fungsi menu ini yaitu sebagai alat bantu administrasi database berbasis web yang dibuat khusus untuk mengelola database PostgreSQL.

Pada pilihan ini terdapat menu-menu dan tools yang dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi tampilan atau website.
- CGI Center
Fungsi menu ini yaitu sebagai kumpulan pre-installed script yang siap pakai untuk dapat anda gunakan merubah tampilan dan fitur website anda.

- Softaculous
Fungsi menu ini yaitu untuk menginstall CMS dengan sangat mudah dan cepat, seperti menginstall WordPress, Joomla , Prestashop dan konten-konten CMS lainnya.

Pada pilihan ini terdapat menu-menu yang dapat digunakan untuk beberapa pengaturan tambahan untuk mengelola file hosting anda.
- Apache Handlers
Fungsi menu ini yaitu untuk memungkinkan anda untuk menentukan hal yang harus dilakukan oleh Apache terhadap file tertentu. Jadi bila Apache menemukan file tersebut maka Apache telah memiliki build-in action yang akan dijalankan perintah tersebut sehingga bila anda ingin Apache menjalan perintah yang berbeda, hal ini dapat dikonfigurasikan pada Apache Handler.

- Image Manager
Fungsi menu ini yaitu untuk melihat dan mengedit file gambar yang ada dalam situs anda. Image Manager juga dapat digunakan untuk mengubah ukuran dari file gambar, mengconvert file gambar menjadi tipe lain (jpg, bmp, png, dll).

- Index Manager
Fungsi menu ini yaitu untuk mengatur bagaimana sebuah folder pada direktori hosting anda terlihat. Anda dapat memilih tiga macam konfigurasi yaitu: default style, no index atau two type of inde. Apabila anda tidak ingin orang lain melihat folder-folder pada situs anda maka sebaiknya dipilih no index.

- Cron Jobs
Fungsi menu ini yaitu untuk menjalankan perintah atau scripts tertentu pada website. Corn Jobs dapat dikonfigurasikan untuk menjalankan perintah atau scripts pada waktu yang ditentukan misalnya untuk menghapus file pada folder temporary pada waktu tertentu, sehingga hosting anda tidak dipenuhi oleh file-file temporary.

- FrontPage Extentions
Fungsi menu ini yaitu untuk mempublikasikan situs anda langsung dari aplikasi FrontPage.

- Network Tools
Fungsi menu ini yaitu untuk mencari informasi mengenai sebuah website dengan trace route dan dapat dimanfaatkan untuk memastikan perubahan DNS. Biasanya fitur trace route pada Cpanel di sini di disable oleh Administrator dengan alasan tertentu, untuk menagktifkannya anda bisa menghubungi Admin web hosting anda masing-masing.

- Virus Scaner
Fungsi menu ini yaitu untuk melakukan scan virus, spyware, malware, dan program bahaya lainnya pada hosting anda. Biasanya Admin hosting melakukan jadwal scaning pada server hosting yang anda gunakan.

- MIME Types
Fungsi menu ini yaitu untuk memberitahu browser bagaimana memperlakukan file-file tertentu misalkan file type .htm dibaca sama seperti .html. MIME types ini biasanya digunakan untuk menangani jenis file baru yang muncul akibat kemajuan tekonolgi baru.

Semoga bermanfaat :)

0 Komentar Dalam Catatan Ini:

Post a Comment

BELAJAR BAHASA DAN PROGRAM DATABASE:

BELAJAR PERANGKAT KOMPUTER DAN JARINGAN: