Sistem Informasi Manajemen Sekolah Open Source Berbasis Web



Sistem informasi manajemen sekolah saat ini sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting bagi sekolah, dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan informasi kepada semua komponen sekolah, terutama bagi semua siswa, orang tua siswa, guru, dan pengelola sekolah. Dukungan komunitas Open Source untuk dunia pendidikan khususnya sekolah juga sudah dirasakan manfaatnya di sekolah-sekolah dengan tersedianya berbagai Free Open Source Software, mulai dari sistem operasi Open Source, aplikasi Open Source, CMS dan CMF Open Source, LMS Open Source, dan masih banyak lagi.

Identifikasi kebutuhan sekolah akan sistem informasi manajemen sekolah diantaranya adalah: (1) Menggunakan bahasa indonesia, (2) Tersedia sistem standar untuk pendataan: Sekolah, admin, guru, siswa dan orang tua siswa, Absensi, Nilai (3) Sistem pembayaran sekolah siswa, (4) ringkasan pelaporan untuk Manajemen, (5) Terhubung ke aplikasi perpustakaan, (6) Tersambung dengan Moodle (7) Fitur SMS: Komunikasi ke orang tua siswa melalui SMS, Orang tua dapat melihat data siswa (pembayaran, perpustakaan, nilai) lewat otomatisasi sistem SMS.
Berlatar belakang kebutuhan sekolah tersebut, ada beberapa sistem informasi sekolah open source berbasis web yang dapat dipilih untuk diimplementasikan di sekolah kita masing-masing. Diantaranya adalah Jibas, openSIS, SISFOKOL, Open Admin for School, SchoolTool, dan Fedena.
Berikut sedikit pembahasannya dikaitkan dengan identifikasi kebutuhan sistem informasi sekolah:
  • JIBAS (Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah): (1) Menggunakan bahasa indonesia, (2) Tersedia sistem standar untuk pendataan: Sekolah, admin, guru, siswa dan orang tua siswa, Absensi, Nilai (3) Sistem pembayaran sekolah siswa, (4) ringkasan pelaporan untuk Manajemen, (5) Terhubung ke aplikasi perpustakaan (6) Fitur SMS: Komunikasi ke orang tua siswa melalui SMS, Orang tua dapat melihat data siswa (pembayaran, perpustakaan, nilai) lewat otomatosasi sistem SMS.
Jibas
  • openSIS: (1) dapat Menggunakan bahasa indonesia, (2) Tersedia sistem standar untuk pendataan: Sekolah, admin, guru, siswa dan orang tua siswa, Absensi, Nilai (3) ringkasan pelaporan untuk Manajemen,  (4) Tersambung dengan Moodle.
OpenSIS
  • SISFOKOL (Sistem Informasi Sekolah). Berikut penjelasan dari pengelola SISFOKOL: SISFOKOL atau Sistem Informasi Sekolah, adalah project idealist berbasis open source dan free software, yang dikembangkan oleh Agus Muhajir, untuk keperluan administrasi pengelolaan sekolah. Mulai dari SD, SLTP, SLTA dan SMK. SISFOKOL adalah Sistem Informasi Sekolah, yang mempunyai konsep OPEN SOURCE berdasarkan pada FREEDOM SOFTWARE dengan layanan berbayar (komersial). Menganut lisensi GNU/GPL Version 2, June 1991.
SISFOKOL
  • Open Admin for School. Open Admin for School adalah Program Administrasi Sekolah. Tersedia secara bebas dengan sumber terbuka (open source) dan paket perangkat lunak yang berlisensi di bawah GNU General Public License.
    Saat ini memiliki beberapa fitur berikut: (1) Dapat berbahasa Indonesia (2) Demografi yang menyimpan informasi siswa dan keluarga yang dapat dilihat dan dicetak dalam berbagai cara; Absensi; Disiplin, (3) Pembuatan Laporan Nilai, kehadiran. (4) Sistem Transkrip untuk mencetak transkrip mahasiswa, (5) Sistem Biaya untuk memungkinkan pengisian biaya siswa, pencetakan faktur, pembayaran, faktur dan transaksi ekspor ringkasan untuk program akuntansi eksternal.
    Open Admin for School
  • SchoolTool. SchoolTool adalah perangkat lunak gratis untuk administrasi sekolah di seluruh dunia. SchoolTool merupakan sistem informasi sekolah open source berbasis web yang dirancang untuk sekolah-sekolah di negara berkembang, dengan dukungan kuat untuk penyebaran terjemahan, lokalisasi dan otomatis dan update melalui installer Ubuntu Linux dan sistem manajemen paket.
    Schooltool juga merupakan kerangka kerja untuk membangun aplikasi disesuaikan dan konfigurasi untuk masing-masing sekolah atau negara.
    Schooltool dibangun di atas software 100% open source, ditulis dengan Python menggunakan kerangka Zope 3. Berlisensi di bawah GNU General Public License, Versi 2.
Schooltool
  • Fedena. Proyek Fedena adalah open source sistem manajemen sekolah dan kampus didasarkan pada Ruby on Rails. Awalnya dikembangkan oleh tim pengembang di Foradian Technologies. Proyek ini dibuat open source oleh Foradian, dan sekarang dikelola oleh komunitas open source. Beberapa fiturnya adalah: Ramah antarmuka pengguna, Mengelola penerimaan mahasiswa & tahun akademik, pemeriksaan manajemen, Jadwal & manajemen Kehadiran.
Fedena
Silahkan memilih dari berbagai Sistem Informasi Manajemen Sekolah Open Source tersebut yang paling tepat untuk diterapkan di sekolah-sekolah kita. Untuk rekan-rekan yang akan menambahkan daftar SIM Sekolah Open Source beserta ulasannya, dengan senang hati saya akan menerimanya. Semoga bermanfaat :-)